Bisnis 

BERKACA PADA KOREA, HARUS PASTIKAN TIAP ASPEK DALAM PENERAPAN E-GOVERMENT

Dailynewsjakarta (27/11/2017)
Indonesia sedang fokus melakukan pembangunan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan penggunaan e-government. Hal ini menjadi prioritas dalam reformasi birokrasi di Indonesia.

Mengamati keberhasilan Reformasi di Korea, bahwa negeri ginseng tersebut telah melakukan reformasi secara menyeluruh terkait dengan pengelolaan SDM dan implementasi secara terjadi pemanfaatan
e-government. Oleh Karena itu, Indonesia dan Korea menjamin kerjasama untuk pembenahan dan penerapan management SDM dan e-government di Indonesia menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa melalui Kerja sama yang telah dilakukan dan berkaca pada pengalaman Pemerintah Republik Korea, Indonesia harus memastikan bahwa setiap aspek yang terkait Dalam penerapan e-government berjalan dengan sailing bersinergi dan terintegrasi satu sama lain.

“ini adalah Komitmen yang perlu kita bangun dan kuatkan bersama ke depan,” ujar Menteri Asman Abnur Dalam 4th Korea-Indonesia Coorporation Forum on Publik Administration di Jakarta, Senin (27/11).

Pengembangan Sistem Pemerintah Berbagai Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal e-government di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak lama, beberapa kebijakan dan insting telah dilakukan untuk meningkatkan dan mempercepat penetrasi sistem elektronik pemerintah di lingkungan institusi pemerintah. Namun dalam perkembangannya, dirasakan belum memberikan manfaat yang optimal bagi publik.

penerapan e-government merupakan suatu hal yang komplek dan dinamis, Karena tidak hanya menyangkut aspek teknologi namun juga terkait aspek manusia dan juga proses bisnis. Namun pemerintah tidak tinggal diam, dengan terus melakukan upaya perbaikan.

Managemen SDM e-government yang menjadi program prioritas mendapat dukungan yang serius dengan telah di terbitkannya UU No.5/2014 tentang Apatur Sipil Negara. “Kita bisa berharap bahwa tidak lama lagi kita dapat menciptakan birokrasi yang jauh lebih bersih, kompeten, dan melayani, ” ujar Menteri Asman. (lelly).

Related posts

Leave a Comment