Religi 

KEBINEKAAN JADI TEMA PERAYAAN NATAL TAHUN INI DI GEREJA KATEDRAL JAKARTA

Dailynewsjakarta .com -(24/12/2017) Dekorasi perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema Kebhinekaan pada dekorasi N atalnya.

Menurut Media Relations dan Humas Gereja Katedral Jakarta, A Susyana Suwadie, seluruh dekorasi yang dipasang di dalam gereja, menggunakan bahan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Bambu dan rotan disusun sedemikian rupa untuk dibuat menjadi gapura dan kandang atau goa natal, yang menggambarkan suasana kelahiran Yesus Kristus di Bethlehem, Palestina.

“Ada tiang dan lampu dengan bambu, kandang Natal atau goa yang biasanya dibangun di dalam gereja di salah satu altar, untuk tahun ini beda, dibangun di luar gereja,” ucap dia

Setiap tahun, jumlah jemaat yang datang ke Gereja Katedral Jakarta pada saat perayaan malam Natal kian bertambah. Tak ayal, bila sering kali terjadi desak-desakan antarjemaat saat pelaksanaan ibadah misa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, mulai tahun ini, pengurus Gereja Katedral memberlakukan sistem pendaftaran daring atau online bagi jemaat yang ingin mengikuti ibadah misa di dalam area Katedral. Pendaftaran dapat dilakukan melalui http://www.katedraljakarta.or.id.

Ia menjelaskan, kapasitas Gereja Katedral hanya mampu menampung sekitar 1.400 jemaat, dengan 800 di antaranya berada di hall utama, sisanya di aula atas. Terbatasnya kapasitas yang dimiliki membuat jemaat rela mengantre sejak beberapa jam sebelum pintu katedral dibuka.

“Begitu dibuka langsung masuk berdesak-desakan. Bahkan ada yang jatuh, ada yang terhimpit. Nah, itu menjadi keprihatinan kami,” kata Susi.

Namun, ia menyebut, saat ini seluruh kursi di dalam Katedral saat pelaksanaan misa malam Natal sudah terisi penuh.
Sebab, pendaftaran online telah dilakukan pada Senin (18/12/2017) lalu. Para jemaat langsung registrasi untuk bisa mengikuti misa di dalam Katedral.

Meski demikian, pengurus Katedral tetap akan menampung jemaat yang nantinya akan hadir saat pelaksanaan ibadah. Namun, mereka nanti hanya bisa mengikuti ibadah dari halaman Katedral.

“Kita coba melakukan sebaik-baiknya evaluasi Natal pada tahun sebelumya, pasang tenda, kursi tambahan di luar gereja, biasanya kita siapkan 2.000-3.000 kursi untuk tambahan jemaat,” ujar Susi.

Dia menjelaskan, misa malam natal, Minggu (24/12) terbagi dalam tiga sesi, yaitu pada pukul 17.00 WIB, 20.00 WIB, dan 22.00 WIB. Sementara untuk misa Natal, Senin (25/12) akan terbagi empat kali misa, yaitu pada pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 17.00 WIB.(Lelly)

Related posts

Leave a Comment