Ekonomi 

SEKJEN KEMENTAN BUKA GELAR PANGAN NUSANTARA 2018

DAILYNEWSJAKARYA.COM,(27/07/2018)

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kemtan) menyelenggarakan Gelar Pangan Nusantara ketiga di Jakarta.

Sektetaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro resmi membuka Gelar Pangan Nusantara 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini pagi ini (27/7). Event yang akan berlangsung pada 27 – 29 Juli 2018 ini.

Pagelaran ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat pada keanekaragaman pangan lokal sekaligus mempromosikan pangan lokal sebagai komoditas ekspor.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro dalam pembukaan acara menyatakan tujuan acara ini sesuai dengan tema resmi “Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global”.
“Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan pangan nusantara” ujar Syukur, (27/7).

“Saya menilai kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan pangan nusantara” ujar Syukur.

Serta menggali peluang dan membangun kerja sama seluruh stakeholder terkait pengembangan pangan nusantara untuk dapat berdaya saing global.

“Penganekaragaman pangan dari sisi konsumsi dapat memperbaiki kualitas konsumsi pangan yang ditunjukkan dengan peningkatan skor Pola Pangan Harapan dari 86,0 pada tahun 2016 menjadi 90,4 pada tahun 2017” lanjut nya.

Pada prinsipnya penganekaragaman pangan menurut Syukur, bukan hanya penganekaragaman sumber karbohidrat, tetapi bagaimana kita mendorong konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang termasuk untuk sumber protein maupun vitamin dan mineral.

“Saya berharap acara GPN kali ini dapat membangkitkan kembali pangan nusantara sehingga mampu berdaya saing global serta peningkatan pengembangan jumlah kerjasama antara petani, dunia usaha, dan lembaga riset” tegas nya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatangan MOU pengembangan pangan lokal antara Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dengan Forum Komunikasi Kabupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia (Fokus Kapassindo), Masyarakat Singkong Indonesia (MSI), Asosiasi Petani Organik Bumi Pasundan (Asetna Bunda), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI) , Ikatan Wanita Pengusaha indonesia (IWAPI).

Rangkaian Gelar Pangan Nusantara 2018 terdiri dari: Gerakan Cinta Makanan Indonesia, Temu Bisnis, Pameran Pangan Nusantara, Talkshow, Bazar Pangan Murah dan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Pojok Icip-Icip, Wisata Edukasi, Aneka Lomba. Hiburan (Band T-Koes), Games dan Doorprize.

Penyelenggaraan Gelar Pangan Nusantara tahun ini melibatkan semua kalangan diantaranya ada instansi ketahanan pangan dari 34 provinsi dan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, pelaku usaha, pemerhati pangan lokal, dan swasta, yang mendukung pengembangan pangan lokal.

Untuk peserta yang akan hadir dan berpartisipasi aktif mengisi stand pameran GPN mencapai 113 terdiri dari seluruh badan/kantor/instansi yang menangani ketahanan pangan di provinsi dan kabupaten/kota, kementerian/lembaga pemerintah pusat, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, swasta terkait dengan pangan lokal di Indonesia, pelaku bisnis/pengusaha/UKM/koperasi/industri pangan lokal, serta pemerhati pangan lokal dan peserta Iainnya. (lelly)

Related posts

Leave a Comment