Olahraga 

ENZORO WE RUN ADAKAN WORKSHOP BASIC CORE EXERCISE FOR RUNNERS ENZORO

DAILYNEWSJAKARTA.COM (05/09/2018)

We Run mengadakan workshop yang ke tiga kalinya dengan tema “BASIC CORE EXERCISE FOR RUNNERS” dengan tujuan mengedukasi para pelari Pemula tentang olahraga itu apa, yang menurut ahli apa itu kesehatan, yang dilaksanakan di Kolega Primedge, Equity Tower, SCDB, Jakarta, Rabu, (05/09/2018).

Latihan kekuatan termasuk dalam basic core. Pelari perlu melakukannya karena latihan kekuatan menguatkan otot dan sendi. Dengan otot dan sendi yang kuat, Pelari mampu berlari lebih lama, memperbaiki catatan lomba lari. dan mengurangi cedera.

Fikry Zoelfisyahrin selaku Profesional Runners mengatakan Tujuan dasar core bagi pelari pemula untuk mengurangi cedera selama berlari. ini dilakukan 3 bulan sebelum mulai lomba, terutama lomba marathon.

Tentu saja, latihan akan selalu membuat kita lebih baik. Sebelum mengikuti lomba lari manapun, latihan sangatlah wajib dilakukan. Dibutuhkan latihan yang tepat untuk meningkatkan performa lari secara efektif.

Nah jika pelari pemula akan mulai menekuni olahraga lari dalam waktu dekat ini, pelari harus mempersiapkan diri dengan latihan awal yang baik agar meminimalisir resiko cedera.

Latihan Nafas Biarpun terdengar sepele, tapi latihan ini sangat baik untuk paru-paru yang dapat menampung kadar oksigen yang dibutuhkan dalam berlari dengan jumlah besar. Jadi ketika berlari kamu tidak akan mudah terengah-engah kehabisan nafas .

Latihan Otot Dasar Pertama-tama, buat pembiasaan tubuh terhadap aktivitas berat. Cukup lakukan push-up, sit-up, dan back up. Untuk push-up, lakukan dengan lengan yang sebisa mungkin menempel pada tubuh. Lakukan juga menggunakan otot dada serta perut, bukan hanya otot lengan, sehingga melatih otot pernafasan dengan membuatnya ikut berkontraksi. Jika kedua otot digunakan, bentuk pushup akan selalu sempurna hingga gerakan terakhir dengan tubuh yang separas dengan tanah. Sit-up dilakukan dengan menurunkan badan serendah mungkin tapi tidak sampai menyentuh lantai, dan kaki harus diganjal sehingga tidak bergerak. Back-up jugadilakukan dengan kaki yang diganjal, lalu naikkan tubuh bagian atas setinggi mungkin, dengan sudut elevasi yang ideal adalah 45 derajat dari permukaan.

Latihan Beban Otot Kaki Selain pernafasan, otot yang kuat juga diperlukan untuk lari yang cepat. Lakukan beberapa gerakan dibawah yang dapat memberi beban pada otot-otot tertentu yang secara utama terpakai dalam lari, sehingga dapat memperkuat otot tersebut. Lompat tangga, Putaran badan, Streching Berbeban, Squat-Stand.

Latihan Utama: Lari Jarak Jauh Setelah mempersiapkan tubuh dengan kekuatan kaki dan pernafasan, saatnya untuk membangun ketahanan tubuh dengan kegiatan lari berdurasi panjang. Caranya adalah dengan berlari sejauh-jauhnya dengan jarak yang dapat diatasi tubuh. Untuk pemula, setelah melakukan beberapa latihan diatas.

“Itulah tadi tips latihan awal untuk pelari pemula. Agar hasil yang maksimal, berlatihlah dengan fokus dan rutin. Setahap demi setahap beban dinaikkan agar mencapai target yang lebih baik lagi”, ujar Fikri menutup wawancaranya dgn awak media yang hadir . (Lelly)

Related posts

Leave a Comment