Sosial 

SENTUHAN KASIH DAN SENYUM KETUA YAYASAN INDERA SURYA DI PANTI TRESNA WERDHA BUDI MULIA 4 CENGKARENG

DAILYNEWS.COM, (01/03/2019)

Sebuah panti sosial untuk lansia  yang berada di Bilangan Cengkareng Barat kedatangan rombongan tamu dari Yayasan Indera Surya, yang diketuai oleh Ibu Ayu Basir Nurdin dan juga Sekjen Budi K dari Iluni SMPN 58 Jakarta dan beberapa Pengurus Iluni SMPN 58

Kunjungan rombongan yayasan ke Panti Sosial ini merupakan kegiatan rutin bakti sosial yang sering dilakukan, namun kunjungan kali ini berbeda dengan kegiatan yang dilakukan sebelumnya, karena hari ini, 1 Maret 2019 bertepatan dengan hari ulang tahun Ayu Basir Nurdin selaku Ketua dari Yayasan Sosial Indera Surya ini.

Di hari ulang tahunnya Kali ini Ayu ingin berbagi kebahagiaan dan kegembiraan bersama dengan para Lansia yang berada dalam panti ini.

Ayu yang sejak kedatangannya bersama rombongan memasuki halaman Panti werda tak lepas menebar senyum ramah serta menyapa setiap orang yang dijumpainya dan menyalaminya satu persatu.

Di kesempatan  Ulang tahunnya, Ayu juga mendapat kejutan dari para sahabat dan keluarga, sebuah tumpeng dan kue ulang tahun telah disiapkan Dari kakak, keluarga dan para sahabatnya dari Alumni SMPN 58 Jakarta untuk memeriahkan Hari Ulang tahun nya dalam kegiatan itu.

Di kesempatan itu tak lupa ucapan selamat ulang tahun dan doa  diberikan oleh kakak, para Sahabat dan Putra semata wayangnya Ghanta Nafiri Nur Sena Utoyo S. Ak. Msc yang sempat kaget saat mengetahui sang Bunda merayakan ulang tahunnya di Panti jompo.

Di saat yang sama Ayu menyatakan tak ingin merayakan hari ulang tahunnya di tempat lain, namun lebih memilih merayakan ulang tahunnya dengan kegiatan bakti sosial di tempat ini.

Ayu lebih memilih untuk menyambangi panti werdha dan berbagi kebahagiaan bersama penghuni panti untuk memotivasi dan menyemangati para penghuni panti bersama para sahabatnya.

Ketika acara dimulai sambutan meriah  untuk Ayu dan rombongan diberikan oleh para lansia penghuni panti dan para pengurus Panti.

Terlihat Ayu juga langsung membaur dan bernyanyi bersama para lansia yang satu persatu memasuki ruangan aula tempat berlangsungnya acara. Tampak kegembiraan terpancar dari wajah para lansia tersebut saat bernyanyi dan berjoged bersama Ayu.

Setelah bernyanyi, acara dlanjutkan dengan doa dan sambutan dari Kepala Panti yang di wakili oleh Bapak Ruminto, yang  menyatakan ucapan terima kasihnya kepada yayasan Indera Surya yang telah berkunjung ke Panti Werdha ini, Ruminto mengatakan, “Datang saja kakek dan nenek disini sudah senang, apa lagi disapa oleh ibu Ayu.” ujar Ruminto.

Setelah sambutan lalu Dilanjutkan dengan meniupkan lilin ulang tahun dan memotong tumpeng disaksikan para kakek dan nenek disana.

Di sela-sela lagu yang dinyanyikan Ayu mengatakan, “Setiap melihat orang tua di sini saya merasa bersyukur dapat berbagi kebahagiaan bersama mereka, karena sejak usia 13 tahun saya Sudah menjadi anak yatim, untuk itulah saya menganggap semua orang tua di sini adalah orang tua saya, ” Ujarnya.

Saat wawancara dengan media, Ayu selaku Ketua Yayasan Indera inipun mengatakan, “Apa yang bisa kita rasakan Bahagia itu kita berikan akan jauh lebih baik, Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.”

“Awalnya suatu Hari Saya menonton sebuah tayangan di sebuah media sosial yang menayangkan seorang nenek berusia lanjut yang mengalami kekerasan fisik yang dilakukan oleh cucunya sendiri dengan cara di pukul gayung di bagian kepalanya, disitu saya ikut merasa sedih, marah, emosi bercampur jadi satu, lalu saya merasa tergerak dan memutuskan untuk mencari nenek tersebut yang akhirnya Saya ketemukan di panti ini. Semenjak itulah saya ingin melakukan berbagai kegiatan  sosial di panti jompo ini secara rutin.”

Menurut Ayu Panti sosial disini merupakan kumpulan dari orang-orang lansia yang terlantar di seluruh DKI Jakarta dengan jumlah anggota panti sekitar 200 orang lansia warga binaan, dulunya panti ini kepunyaan dari Ibu Yohana Nasution yang juga sebagai pendiri, kemudian diserahkan dan dikelola oleh Pemda dan saat ini dibawah kepemimpinan Ibu Yanti sebagai Kepala Unit Pelaksanaan Panti. Dibantu oleh beberapa Staff Penanggung Jawab Panti Abdul Fahreza, Ruminto dan Agus, dibawah kepemimpinan mereka Alhamdulilah panti ini bisa tertata dengan baik dan juga kesinambungan penghuninya terjaga, kesehatannya terpantau dan terawat karena ditunjang dengan adanya klinik dengan 6 tenaga medis yang terdiri atas 2 dokter kunjungan, 1 dokter puskesmas dan 3 perawat, juga perawat panti yang berjumlah sekitar 70 orang, mereka semua melayani dengan ketulusan hati, “Saya berharap agar Pemerintah yang terpilih nanti dapat memberikan perhatian yang lebih baik lagi untuk panti jompo ini, dan apa yang sudah ada agar lebih ditingkatkan lagi.” tutur Ayu mengakhiri wawancaranya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa tembang kenangan yang dilantunkan oleh Ayu bersama para kakek dan nenek serta semua tamu yang datang dalam Bakti Sosial itu.

Akhir acara ditutup dengan penyerahan bingkisan dari kamar ke kamar para lansia tersebut, Ayu tampak gembira dan bersemangat saat menyapa mereka satu persatu dikuti rombongan dan petugas panti, merekapun juga antusias menyambut Ayu yang tanpa sungkan menyalami bahkan merangkul lansia yang dikunjunginya dengan tulus, sesekali Ia juga berfoto selfi dengan ceria.

Kehadiran Ayu dalam kunjungan ke Panti Werdha ini sangat dapat dirasakan oleh para kakek dan nenek disana yang terlihat dari wajahnya yang gembira karena mereka merasakan seperti mendapat kunjungan dari keluarga sendiri dan mau memberikan perhatian, sentuhan dan mendengarkan cerita mereka bukan sekedar memberi bingkisan semata.

(Lly)

Related posts

Leave a Comment